Home » » Cara membuat game android seperti Flappy bird

Cara membuat game android seperti Flappy bird

Written By admin on Thursday 9 October 2014 | 08:27

Game Sederhana yang Menghebohkan

Pastinya anda sudah mendengar game Flappy Bird yang menghebohkan dunia, bahkan pembuatnya Dong Nguyen yang merupakan warga Vietnam sampai kewalahan dengan popularitas game ini. Flappy Bird merupakan fenomena yang menarik, dari segi kualitas tampilan dan fitur terkesan sederhana, memainkangame ini mengingatkan game Nintendo Mario Bross yang muncul pertama kali pada 1983 dan populer di Indonesia era 90an, dengan tampilan ‘klasik’ kotak-kotak 2D, tidak ada bonus skor, tidak ada level lebih lanjut, bahkan anda tidak bisa memilih karakter.








Namun dua hal yang membuat game ini hits, yaitu kemudahan bermain dan sulitnya mencapai skor tinggi. Walaupun ternyata Flappy Bird bisa membuat anda kesal, frustasi, bahkan ada kasus layar iPhone pecah karena bermain game ini. Inilah menariknya Flapy Bird.


Kabar Baik untuk Developer


Sebelumnya tahun lalu game terpopuler yaitu Candy Crush, game ini disukai karena simple, anak kecil pun bisa memainkannya. Fenomena ini seakan memberitahu ternyata masyarakat suka game yang sederhana, ini kabar baik jika anda developer game, karena membuat game yang menarik tidaklah harus terlihat ‘wah’ seperti Asphalt atau Angry Birds.

Kuncinya adalah bagaimana kita bisa nenemukan ide game yang menarik, ada banyak programmer yang mampu membuat game jauh lebih bagus dari Flappy Bird, namun hanya Dong yang punya ide game burung lompat ketika disentuh layarnya. Flappy Bird dikabarkan dibuat menggunakan software AndEngine.


Membuat Game Android & iOS Tanpa Coding


Ternyata anda tidak perlu menjadi programmer ahli untuk membuat game sederhana seperti Flappy Bird, dengan sedikit ketekunan Anda juga bisa Membuat Game seperti Flappy Bird tanpa Coding. Ada banyak fasilitas baik gratis maupun berbayar untuk membuat game tanda kode apapun. Simak ulasan dibawah untuk aplikasi pembuat game mobile tanpa coding pilihan TheVron:


1. Stencyl

Stencyl merupakan software gratis untuk membuat game, hasil dari game tersebut bisa anda jadikan aplikasi Android, iOS atau desktop. Dengan basis Adobe Flash, terdapat beberapa sample game yang anda bisa pilih, salah satunya menyerupai game Angry Birds, cocok jika anda baru pertama menggunakan dan ingin belajar.

Begitu selesai membuat aplikasi, anda dapat mendaftarkan aplikasi ke Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk Appl iOS) dengan cara men-klik tombol publish, dan pilih perangkat yang anda pilih. Download Stencyl disini.


2. GameSalad Creator

GameSalad merupakan software gratis yang bisa anda download untuk Mac atau Windows. Sampai saat artikel ini ditulis GameSalad hanya tersedia untuk membuat aplikasi iOS. Di Amerika GameSalad populer di kalangan mahasiswa pengembang aplikasi sederhana AKA Apple Indie. Menariknya selain untuk iPhone dan iPad anda juga bisa membuat aplikasi untuk tablet Amazon Kindle menggunakan apalikasi ini.

Download GameSalad disini. Untuk panduan membuat game menggunakan GameSalad dapat dilihat disini.


3. App Inventor




App Inventor adalah fasilitas pembuat aplikasi dan game untuk handphone dan tablet, dikembangkan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang merupakan universitas terbaik nomor 2 pada 2013. Uniknya aplikasi ini berjalan pada web browser melalui internet, sehingga anda tidak perlu install ke PC atau Laptop. Anda perlu memiliki akun Google untuk memakai aplikasi ini, menggunakan aplikasi ini sangat mudah karena anda hanya perlu drag-n-drop untuk membuat tombol, teks, dll.


Untuk mulai menggunakan aplikasi ini silakan klik halaman ini dan klik “Create” (di kanan atas). Website resminya juga memberi kita panduan untuk membuat aplikasi sederhana, anda dapat melihatnya disini.


[foto oleh: Wikipedia & Harits Anwar]

sumber : http://thevron.com/anda-juga-bisa-membuat-game-seperti-flappy-bird-tanpa-coding/






Share this article :

0 comments:

Post a Comment